Langsung ke konten utama

Apa itu Web Design ??

Web Design yaitu sebuah design web yang menggabungkan antara design (graphic) yang dilengkapi dengan konten tertulis untuk sebuah halaman web (web page) atau sebuah situs. Design interface website meliputi komponen seperti gamabar, file flash, video, dan lain - lain untuk melengkapi content page.
webdesign
Banyak orang yang salah sangka bahwa web designer, web developer, dan web master adalah sama.
Web Designer
Web designer adalah seseorang yang membuat design interface website, mulai dari design di photoshop, hingga ke slicing html. Oleh karena itu untuk menjadi web designer harus memahami hal - hal berikut :
  • HTML (Hyper Text Markup Language)
  • CSS (Cascading Style Sheets)
  • Manipulasi gambar : Adobe photoshop, Corel draw dsb.
  • Animasi, seperti flash.
  • Client-side scripting : JavaScript
Web designer juga harus memahami aturan standar W3C untuk HTML dan CSS dan kompabilitas pada browser yang berbeda.

Web Developer
adalah seseorang yang menciptkan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman, contoh seperti PHP atau OOP. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua komponen atau sumber yang akan digunakan dalam sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur pengunjung maupun admin untuk saling berinteraksi.
Seorang web developer terbiasa dengan bahasa pemrograman baik itu dari server (server-side scripting) maunpun disisi client (sclient-side scripting). Beberapa aplikasi yang harus dipahami seorang web developer :
  • Client-side : JavaScript
  • Server-side : ASP, ASP.Net, java, Perl, PHP, OOP, Python, Ruby, dsb.
  • Databases : MySQL, Oracle, MariaDb, dll.
Web Master
Web master merupakan gabungan dari keduanya, bahkan juga memelihara aplikasi web yang digunakan. Web master juga bertanggung jawab pada optimisasi mesin pencari (SEO), mengisi content website, hingga memasarkan website tersebut.

Jadi untuk menciptakan sebuah website tidak hanya bisa dikerjakan web design saja, tetapi untuk menciptakan sebuah website harus di bagi - bagi menjadi beberapa tahap, mulai dari web designer, web developer, hingga web master.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Forum - Forum Belajar Web Design di Facebook

Ingin belajar web design ? tidak tahu mau belajar dimana ? Kali ini saya akan share beberapa forum - forum di facebook yang dapat membantu kamu belajar tentang web. Silahkan join di grup - grup ini, dan bertanyalah sesuai grup nya secara sopan :) Web Design  Forum diskusi pembuatan website design, seperti design layout PSD, sampai convert PSD to HTML. Bagi agan - agan yang mau menanyakan seputar design website dan HTML CSS disinilah tempatnya. Web Design Indonesia > https://www.facebook.com/groups/webdesignindo/ Desainer Web Indonesia > https://www.facebook.com/groups/web.designers.indonesia/ Web Programming Forum diskusi seputar web progamming, seperti Mysql, PHP, OOP, dll. Bagi agan yang mau menanyakan seputar script php, oop atau yang lainnya, disinilah tempatnya. PHP Indonesia > https://www.facebook.com/groups/35688476100/ PHP MYSQL Indonesia > https://www.facebook.com/groups/258040637584267/ Framework Forum untuk framework php banyak sekali

Mengenal Strutkur Dasar HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa struktur yang berfungsi untuk menandai bagian - bagian halaman. Maka dari itu HTML mempunyai pola susunan yang baku. Susunan ini disebut Tag, element, dan Atribut. Struktur dasar HTML adalah sebagai berikut : <html> <head>  <title>Judul Dokument</title> </head> <body>  isi dokumen html </body> </html> Mengenal Tag HTML Tag adalah tag khusus (markup) berupa 2 karakter "<" dan ">" yang berfungsi untuk memberitahu web browser bagian mana yang akan ditampilkan. Hampir semua tag dalam html berpasangan, tag pembuka dan tag penutup. Sebagai contoh diatas <body>, adalah tag dengan nama body, semua elemen yang akan ditampilkan di browser berada didalam tag ini. Mengenal Elemen HTML Elemen adalah isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup. Penulisan tag penutup menggunakan karakter "/" setelah karakter "<" seba