Langsung ke konten utama

Tips Bertanya di Forum Facebook

tips

Hallo sobat blogger !
Setelah saya share Forum - Forum Belajar Web Design di Facebook, kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik untuk bertanya di forum - forum facebook. Kenapa saya share artikel ini ? karena banyak saya lihat di forum - forum facebook seseorang yang bertanya tapi justru dibully.
Pernahkah kalian seperti itu ? menyakitkan bukan ? terus yang salah siapa ?
Tentu kita harus intropeksi diri, apa yang salah dengan pertanyaan kita ?, sudah sopankah kita bertanya ?
Maka dari itu, dibawah ini adalah beberapa tips dari saya untuk bertanya di facebook.
  • Jangan salah forum untuk bertanya, dan jangan salah topik (OOT). Banyak saya temui seseorang bertanya tidak sesuai dengan forumnya, contoh : anda bertanya tentang framework laravel di grup Web Design indonesia. Secara teknis ini mungkin masih ada tanggapan dari penghuni grup, akan tetapi lebih baik lagi bila anda bertanya di grup khusus Framework Laravel.
  • Ucapkan salam untuk memulai pertanyaan.
  • Gunakanlah bahasa yang sopan dan santun. Jangan anarkis, penghuni grup akan lebih tertarik jika anda sopan dalam bertanya.
  • Gunakan bahasa yang relevan, simpel dan mudah dipahami. Jangan berputar - putar dalam menanyakan sesuatu hal.
  • Pahami insntruksi, arahan, atau jawaban dari orang lain, jika masih kurang faham coba tanyakan kembali dengan sopan.
  • Jika perlu gunakan hashtag #ASK untuk bertanya, agar lebih memudahkan admin dan pengunjung.
  • Sebelum anda bertanya, scroll dulu kebawah grup, kali saja ada yang sudah menanyakan pertanyaan yang sama.
  • Dan yang terpenting "Carilah solusi masalahmu di google dahulu" jangan karena permasalahan sepele anda akan dibully di facebok. Jangan malas mencari !
Memang peribahasa mengatakan "Malu bertanya sesat dijalan" tetapi "Jika banyak bertanya itu memalukan", coba lah mencari solusi di google dahulu, baru jika anda kurang faham tanyakan lagi di forum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Web Design ??

Web Design yaitu sebuah design web yang menggabungkan antara design (graphic) yang dilengkapi dengan konten tertulis untuk sebuah halaman web (web page) atau sebuah situs. Design interface website meliputi komponen seperti gamabar, file flash, video, dan lain - lain untuk melengkapi content page. Banyak orang yang salah sangka bahwa web designer, web developer, dan web master adalah sama. Web Designer Web designer adalah seseorang yang membuat design interface website, mulai dari design di photoshop, hingga ke slicing html. Oleh karena itu untuk menjadi web designer harus memahami hal - hal berikut : HTML (Hyper Text Markup Language) CSS (Cascading Style Sheets) Manipulasi gambar : Adobe photoshop, Corel draw dsb. Animasi, seperti flash. Client-side scripting : JavaScript Web designer juga harus memahami aturan standar W3C untuk HTML dan CSS dan kompabilitas pada browser yang berbeda. Web Developer adalah seseorang yang menciptkan aplikasi berbasis website dengan menggu

Mengenal Strutkur Dasar HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa struktur yang berfungsi untuk menandai bagian - bagian halaman. Maka dari itu HTML mempunyai pola susunan yang baku. Susunan ini disebut Tag, element, dan Atribut. Struktur dasar HTML adalah sebagai berikut : <html> <head>  <title>Judul Dokument</title> </head> <body>  isi dokumen html </body> </html> Mengenal Tag HTML Tag adalah tag khusus (markup) berupa 2 karakter "<" dan ">" yang berfungsi untuk memberitahu web browser bagian mana yang akan ditampilkan. Hampir semua tag dalam html berpasangan, tag pembuka dan tag penutup. Sebagai contoh diatas <body>, adalah tag dengan nama body, semua elemen yang akan ditampilkan di browser berada didalam tag ini. Mengenal Elemen HTML Elemen adalah isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup. Penulisan tag penutup menggunakan karakter "/" setelah karakter "<" seba

Forum - Forum Belajar Web Design di Facebook

Ingin belajar web design ? tidak tahu mau belajar dimana ? Kali ini saya akan share beberapa forum - forum di facebook yang dapat membantu kamu belajar tentang web. Silahkan join di grup - grup ini, dan bertanyalah sesuai grup nya secara sopan :) Web Design  Forum diskusi pembuatan website design, seperti design layout PSD, sampai convert PSD to HTML. Bagi agan - agan yang mau menanyakan seputar design website dan HTML CSS disinilah tempatnya. Web Design Indonesia > https://www.facebook.com/groups/webdesignindo/ Desainer Web Indonesia > https://www.facebook.com/groups/web.designers.indonesia/ Web Programming Forum diskusi seputar web progamming, seperti Mysql, PHP, OOP, dll. Bagi agan yang mau menanyakan seputar script php, oop atau yang lainnya, disinilah tempatnya. PHP Indonesia > https://www.facebook.com/groups/35688476100/ PHP MYSQL Indonesia > https://www.facebook.com/groups/258040637584267/ Framework Forum untuk framework php banyak sekali